16 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

16 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

16 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
16 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan.- Buah mengkudu merupakan salah satu buah asli yang berasal dari Asia tenggara. Bentuk buahnya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan, namun banyak orang yang kurang menyukai aroma buah ini. Pada umumnya buah mengkudu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bahan makanan seperti sayur, rujak dan juga jus. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai buah mengkudu ini, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat buah mengkudu ini, berikut sejumlah manfaat buah mengkudu yang selama ini belum diketahui.

16 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Hipertensi
Air rebusan mengkudu di yakini dapat menetralisir tekanan darah tinggi dalam tubuh kita. Tingkat xeronine dalam buah mengkudu berfungsi untuk menormalkan tekanan darah saat terjadinya peningkatan. Selain itu Scoopoletin fitonutrien dalam buah ini sangat bermanfaat sebagai substansi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi).

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kadar vitamin, mineral, peptida, enzim dan asam amino dalam buah mengkudu yang mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Sebab seseorang dengan sistem kekebalan tubuh rendah mudah sekali terserang penyakit.

3. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol yang tinggi juga merupakan kondisi yang membahayakan untuk seseorang. Dengan mengkonsumsi air rebusan mengkudu setiap hari secara teratur akan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah
Zat Scoopoletin di buah mengkudu bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Hal ini terjadi karena scoopoletin mampu melebarkan pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi lancar kembali.


5. Mencegah Resiko Penyakit Kanker
Buah mengkudu memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, itulah mengapa memakan buah mengkudu sangat baik untuk mencegah sel-sel kanker dan mengatasi penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh.

6. Menyembuhkan Asam Urat
Asam urat dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Gejala ini di tandai dengan muncul rasa keram di malam hari, kaki terasa sangat dingin dan masih banyak lagi. Isi dari zat Iridoid di mengkudu buah dapat mengatasi penyakit asam urat.


7. Mengatasi Penyakit Diabetes
Proxeronine adalah zat bisa menyembuhkan diabetes, apakah itu diabetes kering atau basah. Diabetes sangat berbahaya ketika basah terluka, karena luka yang bisa menginfeksi organ yang ada di sekitarnya dan melakukan amputasi. Proxeronine dalam mengkudu mengandung zat yang mampu mencegah terjadinya diabetes.

8. Menyembuhkan Penyakit Kuning
Nyeri ini bisa dilihat antara karakteristik lain dari tubuh yang menguning, penurunan berat badan terus menurun dan kulit menjadi keriput. Mengkonsumsi buah mengkudu adalah solusi yang tepat untuk menyembuhkan penyakit berbahaya ini.

9. Anti Inflamasi
Buah mengkudu telah terbukti dapat mencegah terjadinya peradangan, karena memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

10. Anti Bakteri
Senyawa Antrakuinon yang terdapat dalam buah mengkudu memiliki sifat anti bakteri. Sehingga dapat menjaga kulit dari parasit dan jamur penyebab penyakit kulit.

11. Menyembuhkan Alergi Kulit
Terjadinya peradangan pada kulit seperti timbulnya warna kemerahan pada permukaan kulit atau sebut saja alergi kulit. Maka zat Scoopoletin di mengkudu dapat mengatasi masalah ini dengan cepat.


12. Meredakan Batuk
Buah mengkudu direbus air bermanfaat untuk meredakan batuk dan juga menghilangkan batuk. substansi anti bakteri yang hadir dalam buah mengkudu yang berguna untuk menghilangkan gatal-gatal penyebab kuman yang ada di tenggorokan.

13. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan seperti muntah, perut kembung, peradangan lambung dan luka di usus dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi rebusan air mengkudu per hari secara teratur. Serat yang terkandung dalam buah mengkudu berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.

14. Menetralisir Makanan Beracun
Zat anti bakteri dalam mengkudu buah dapat menetralkan bakteri yang hadir dalam makanan yang beracun. Makanan beracun dapat disebabkan oleh tanggal kedaluwarsa telah atau makanan menggunakan bahan-bahan yang tidak higienis.

15. Menyembuhkan Sakit Gigi
Buah mengkudu sebagai pengganti antibiotik, karena dalam buah mengkudu banyak kandungan zat anti-bakterinya. Oleh karena itu hal ini sudah teruji oleh pakar ahli dapat meredakan sakit gigi secara alami.

16. Menyembuhkan Sakit kepala
Ada kandungan 75% dari analgesik molfin beat sulfay berguna untuk mengurangi rasa sakit. Itulah penyebab orang-orang di zaman kuno banyak buah penggunaan mengkudu sebagai pereda sakit kepala.

Itulah 16 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi buah mengkudu. Meski memiliki aroma tidak sedap, ternyata khasiatnya sangat luar biasa sekali. Semoga bermanfaat.


16 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

0 Response to "16 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan"

Posting Komentar